TQM atau Total Quality Management (Bahasa Indonesia: manajemen kualitas total) adalah strategi manajemen yang ditujukan untuk menanamkan kesadaran kualitas pada semua proses dalamorganisasi. Sesuai dengan definisi dari ISO,  TQM adalah "suatu pendekatan manajemen untuk suatu organisasi yang  terpusat pada kualitas, berdasarkan partisipasi semua anggotanya dan  bertujuan untuk kesuksesan jangka panjang melalui kepuasan pelanggan  serta memberi keuntungan untuk semua anggota dalam organisasi serta  masyarakat."
Filosofi dasar dari TQM adalah "sebagai efek dari kepuasan konsumen, sebuah organisasi dapat mengalami kesuksesan."
Kendaraan yang digunakan dalam TQM:
- Manajemen Harian
- Manajemen Kebijakan
- Manajemen Cross-functional
- Gugus Kendali Mutu
TQM telah digunakan secara luas dalam manufaktur, pendidikan, pemerintahan, dan industri jasa, bahkan program-program luar angkasa dan ilmu pengetahuan NASA.
sumber : wikipedia
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar